Fungsi Menghitung Jarak pada Game Maker Studio




Distance dari dua object
Pada saat membuat game, tentunya kita tidak bisa lepas dari yang namanya hitung-hitungan alias matematika. Matematika sangat dibutuhkan dalam pembuatan game, berawal dari bagaimana cara menghitung jarak dan bagaimana dengan sudutnya.
Mari kita mulai dengan yang mudah, bagaimana cara mengetahui jarak dari titik A ke titik B.
Bisa saja kita menggunakan teori yang sudah dipelajari sejak SD yaitu Pythagoras

A^2 = B^2 + C^2

Di Game Maker Studio cukup mudah, dengan memanggil fungsi 

point_distance(x1, y1, x2, y2);
 
Keterangan


x1 dan y1 , merupakan titik A
x2 dan y2, merupakan titik B
fungsi ini memberikan nilai jarak dari titik A ke titik B.



Mencari Sudut dua object
Selanjutnya bagaimana caranya kita mengetahui sudut titik A ke titik B ?, caranya mudah jika kita melihat kembali pelajaran SMA maka solusinya adalah menggunakan aturan Trigonometri. Menggunakan TAN jika tidak diketahui jarak titik A ke titik B.
Pada game maker cukup dengan memanggil fungsi 

point_direction(x1, y1, x2, y2);

Keterangan


x1 dan y1, merupakan titik A
x2 dan y2, merupakan titik B
fungsi ini memberikan nilai sudut titik A ke titik B

Fungsi Menghitung Jarak pada Game Maker Studio Fungsi Menghitung Jarak pada Game Maker Studio Reviewed by Abd Rizal on 10:00 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.
abdurrahman rizal