Fungsi Menghitung Jarak pada Game Maker Studio
Distance dari dua object |
Pada saat membuat game, tentunya kita tidak bisa lepas dari
yang namanya hitung-hitungan alias matematika. Matematika sangat dibutuhkan
dalam pembuatan game, berawal dari bagaimana cara menghitung jarak dan bagaimana
dengan sudutnya.
Mari kita mulai dengan yang mudah, bagaimana cara mengetahui
jarak dari titik A ke titik B.
Bisa saja kita menggunakan teori yang sudah dipelajari sejak
SD yaitu Pythagoras
A^2 = B^2 + C^2
Di Game Maker Studio cukup mudah, dengan memanggil fungsi
point_distance(x1, y1, x2, y2);
Keterangan
x1 dan y1 , merupakan titik A
x2 dan y2, merupakan titik B
x2 dan y2, merupakan titik B
fungsi ini memberikan nilai jarak dari titik A ke titik B.
Mencari Sudut dua object |
Selanjutnya bagaimana caranya kita mengetahui sudut titik A
ke titik B ?, caranya mudah jika kita melihat kembali pelajaran SMA maka
solusinya adalah menggunakan aturan Trigonometri. Menggunakan TAN jika tidak
diketahui jarak titik A ke titik B.
point_direction(x1, y1, x2, y2);
Keterangan
x1 dan y1, merupakan titik A
x2 dan y2, merupakan titik B
fungsi ini memberikan nilai sudut titik A ke titik B
Fungsi Menghitung Jarak pada Game Maker Studio
Reviewed by Abd Rizal
on
10:00 AM
Rating:
No comments: