Mengenal Garis Besar Dasar Pembuatan Game Maker Studio
Membuat game tentu sangatlah tidak mudah, mengingat harus mengatur gambar + animasi, suara,level, dan lain sebagainya. Belum lagi masalah non teknis, seperti bagaimana game itu dijual, menghasilkan pendapatan. Banyak sekali orang yang memainkan game yang bajakan, beli di emperan jalan dengan harga 10rb bisa dapet banyak game, sedangkan harga game yang asli bisa sampai 500rb – 1 juta, WOW harga yang fantastis. Terlebih membuat game itu memerlukan budget yang cukup besar, membuat gambar, suara, bahkan sampai pemasaran game pun itu perlu dilakukan, ga kebayang jadinya perasaan Game Developer jika gamenya dibajak.
Pada saat generasi 90an, orang belum mengenal yang namanya game engine, jadi untuk membuat game, benar-benar harus dianalisis dari beberapa aspek misalnya seperti manajemen memori, ukuran dari suatu game, dan lain sebagainya
Untungnya pada zaman sekarang membuat game bisa dikatakan sangatlah mudah, software untuk membuat game kini sudah tersedia dan orang biasa memanggilnya dengan sebutan “Game Engine”.
Salah satu Game Engine yang paling saya sukai adalah Game Maker Studio ciptaan YoyoGames.com. Game engine ini sangatlah sederhana dimulai dari user interface, hingga tahap compiling sangatlah mudah. Game engine ini menggunakan sistem “Drag and Drop” untuk menambahkan perilaku suatu object dalam game, tidak seperti game engine lainnya yang harus scripting. Bila perlu scripting game maker studio sudah menyediakannya.
Oke mari kita sudahi saja perkenalannya, lanjut dengan bagaimana garis besar dasar pembuatan game di Game Maker Studio(GMS)
Hal yang pertama harus dilakukan adalah menginstall game maker studio, bisa di download di situs
http://www.yoyogames.com/
Kedua adalah membuat room pertama, untuk menjalankan game setidaknya terdapat satu room yang telah dibuat
Kemudian buat sprite warna merah namai dengan “spr_click”
Selanjutnya buat object dengan nama “obj_click” kemudian set sprite tersebut dengan sprite yang telah dibuat
Buat event baru mouse -> left button
Buat sebuah aksi jika object “obj_click” di klik maka object tersebut dihapus, dengan cara drag gambar “recycle” pada tab main kategori object
Lalu buka room yang telah dibuat, masukkan obj_sprite pada room tersebut
Jalankan Game Tersebut Kemudian Lihat Hasilnya
Hasilnya jika dijalankan akan seperti ini, obj_click akan hilang ketika diklik
Mungkin begitulah garis besar dasar pembuatan game di GMS(Game Maker Studio), cukup sederhana bukan ?, untuk event dan actionnya bisa eksplorasi sendiri.
Mengenal Garis Besar Dasar Pembuatan Game Maker Studio
Reviewed by Abd Rizal
on
7:51 AM
Rating:
No comments: