Sejarah Game Maker Studio




Game Maker Studio(GMS) merupakan salah satu game engine yang sangat popular dan sering sekali digunakan oleh game developer untuk pembuatan game.
GMS terkenal dengan sistem drag and drop, tidak memerlukan script, jika perlu script maka GMS dapat menyediakannya.
Mark H Overmars
GMS dibeli oleh perusahaan game, yaitu YoyoGames sebuah perusahaan yang bergerak dibidang software dan game publishing. Berawal dari Mark H Overmars professor yang memfokuskan diri pada pengembangan game, dia membuat Game Maker dengan bahasa Delphi pertama kalinya pada November tahun 1999, mengenalkan bahasa GML(Game Maker Language) sebuah interpreter yang digunakan pada game maker. 


Logo Perusahaan YoyoGames
Game Maker kemudian terkenal sehingga banyak sekali orang yang memakainya. Awalnya Game Maker versi 1 ini tidak bisa membuat game menjadi executable atau biasa dikatakan standalone sehingga perlu sebuah program “Game Maker Runner” untuk menjalankannya.
Game Maker 1

Pada November tahun 2000, Game Maker versi 2 mengimplementasi DirectX tapi hanya suara saja, pada versi selanjutnya penggunaan DirectX pun kini  digunakan untuk menggambarkan object game, sehingga gambar object game bisa dirotasi.


Game Maker 4


Pada Juli tahun 2001, Game Maker versi 4 sudah sangat bagus, berbeda dengan versi sebelumnya, penambahan pun banyak dilakukan (seperti Resource Tree, Paths, Tiles…) , pada versi 4 ini game maker sudah bisa membuat game menjadi standalone game. 

Pada April tahun 2003, Game Maker versi 5 sudah berbayar, tidak seperti versi sebelumnya. Perbaikan banyak dilakukan terutama dalam GML, dan juga pada versi ini Game Maker 5 mengenalkan Data File Resource, dan Timeline.

Pada Oktober tahun 2004, Game Maker versi 6 sudah bisa menggunakan teknologi Direct3D, Colour Blending, dan kemampuan membuat game 3D.

Game Maker 7


Pada Februari tahun 2007, Game Maker versi 7 terdapat logo YoyoGames, jadi YoyoGames telah membeli Game Maker ciptaannya Mark H Overmars itu.

Game Maker 7

Pada December tahun 2009, Game Maker versi 8 sudah banyak melakukan perubahaan, dimulai dari user interface, kemudian menambahkan bahwa game maker versi ini sudah bisa menggunakan format file PNG, format file GIF sudah lagi tidak digunakan.

Pada April tahun 2011, Game Maker versi 8.1 menambahkan fungsi baru yaitu pada editor room dapat di zoom penggunaannya, dan juga ini merupakan versi dari Game Maker.

Game Maker 8


Pada Mei tahun 2012, Game Maker dirubah menjadi Game Maker Studio dengan alasan bahwa game maker ini dapat mengexport tidak hanya di windows saja, melainkan platform lain seperti android, mac, tizen, bahkan sampai html 5. Kemudian penambahan library physics engine yaitu Box2D, dan masih banyak lagi.

Game Maker Studio


Dan pada tahun 2 November 2016, Game Maker Studio versi 2 kini mengalami banyak perubahan, terutama di bagian user interface yang sangat sederhana, tidak perlu banyak window yang harus ditampilkan.
Game Maker Studio 2


Itulah sejarah Game Maker Studio, berawal dari Game Maker buatan Mark H Overmars kemudian dibeli dan dikembangkan oleh YoyoGames. Dan sayang sekali yoyogames.com/sandbox kini sudah ditutup, digantikan oleh marketplace, padahal sandbox ini pada tahun 2009 sangat sering digunakan oleh Game Developer Indie.

YoyoGames SandBox

Sejarah Game Maker Studio Sejarah Game Maker Studio Reviewed by Abd Rizal on 9:07 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.
abdurrahman rizal