Sejarah Game Maker Studio
Game Maker Studio(GMS) merupakan salah satu game engine yang
sangat popular dan sering sekali digunakan oleh game developer untuk pembuatan
game.
GMS terkenal dengan sistem drag and drop, tidak memerlukan
script, jika perlu script maka GMS dapat menyediakannya.
Mark H Overmars |
GMS dibeli oleh perusahaan game, yaitu YoyoGames sebuah
perusahaan yang bergerak dibidang software dan game publishing. Berawal dari
Mark H Overmars professor yang memfokuskan diri pada pengembangan game, dia
membuat Game Maker dengan bahasa Delphi pertama kalinya pada November tahun
1999, mengenalkan bahasa GML(Game Maker Language) sebuah interpreter yang
digunakan pada game maker.
Logo Perusahaan YoyoGames |
Game Maker kemudian terkenal sehingga banyak sekali orang
yang memakainya. Awalnya Game Maker versi 1 ini tidak bisa membuat game menjadi
executable atau biasa dikatakan standalone sehingga perlu sebuah program “Game
Maker Runner” untuk menjalankannya.
Game Maker 1 |
Pada November tahun 2000, Game Maker versi 2 mengimplementasi
DirectX tapi hanya suara saja, pada versi selanjutnya penggunaan DirectX pun
kini digunakan untuk menggambarkan object
game, sehingga gambar object game bisa dirotasi.
Game Maker 4 |
Pada Juli tahun 2001, Game Maker versi 4 sudah sangat bagus,
berbeda dengan versi sebelumnya, penambahan pun banyak dilakukan (seperti Resource
Tree, Paths, Tiles…) , pada versi 4 ini game maker sudah bisa membuat game
menjadi standalone game.
Pada April tahun 2003, Game Maker versi 5 sudah berbayar,
tidak seperti versi sebelumnya. Perbaikan banyak dilakukan terutama dalam GML,
dan juga pada versi ini Game Maker 5 mengenalkan Data File Resource, dan
Timeline.
Pada Oktober tahun 2004, Game Maker versi 6 sudah bisa menggunakan
teknologi Direct3D, Colour Blending, dan kemampuan membuat game 3D.
Game Maker 7 |
Pada Februari tahun 2007, Game Maker versi 7 terdapat logo
YoyoGames, jadi YoyoGames telah membeli Game Maker ciptaannya Mark H Overmars
itu.
Game Maker 7 |
Pada December tahun 2009, Game Maker versi 8 sudah banyak
melakukan perubahaan, dimulai dari user interface, kemudian menambahkan bahwa
game maker versi ini sudah bisa menggunakan format file PNG, format file GIF
sudah lagi tidak digunakan.
Pada April tahun 2011, Game Maker versi 8.1 menambahkan
fungsi baru yaitu pada editor room dapat di zoom penggunaannya, dan juga ini
merupakan versi dari Game Maker.
Game Maker 8 |
Pada Mei tahun 2012, Game Maker dirubah menjadi Game Maker Studio
dengan alasan bahwa game maker ini dapat mengexport tidak hanya di windows
saja, melainkan platform lain seperti android, mac, tizen, bahkan sampai html
5. Kemudian penambahan library physics engine yaitu Box2D, dan masih banyak
lagi.
Game Maker Studio |
Dan pada tahun 2 November 2016, Game Maker Studio versi
2 kini mengalami banyak perubahan, terutama di bagian user interface yang
sangat sederhana, tidak perlu banyak window yang harus ditampilkan.
Game Maker Studio 2 |
Itulah sejarah Game Maker Studio, berawal dari Game Maker buatan
Mark H Overmars kemudian dibeli dan dikembangkan oleh YoyoGames. Dan sayang
sekali yoyogames.com/sandbox kini sudah ditutup, digantikan oleh marketplace,
padahal sandbox ini pada tahun 2009 sangat sering digunakan oleh Game Developer
Indie.
YoyoGames SandBox |
Sejarah Game Maker Studio
Reviewed by Abd Rizal
on
9:07 AM
Rating:
No comments: