Metoda Perolehan Requirement User Interface
Requirement merupakan sesuatu yang menjadi acuan dalam kita mengerjakan suatu project user interface
Terdapat beberapa point bagaimana mendefinisikan
requirements
- Kebutuhan, Tujuan overall goals, success criteria
- Karakteristik User
- Lingkungan fisik, sosial, teknis
- Stakeholders
- Pertimbangan (constraints)
- Usability goals & kriteria
- Metoda perolehan requirement
- Analisis Task
Poin 1 – 6 sudah dibahas di posting sebelumnya, Selanjutnya
bagaimana cara mendefinisikan requirement
Metoda Perolehan
Requirement
Requirement sebisa mungkin harus konfirmasi jgn buat asumsi,
terdapat 8 metode perolehan requirement diantaranya:
1. Observation
1. Observation
Perhatikan user melakukan aktivitas bisa
dengan cara monitoring (merekam pembelajaran) berdasarkan situaasi, kondisi,
keadaan. Merekam pembelajaran bisa secara langsung, ataupun tidak langsung
(perekaman menggunakan video/audio).
Tips:
-
Secara cermat melakukan observasi terhadap user
dan lingkungannya
-
Berusaha untuk menjelaskan kembali kegiatan
sebelumnya pada orang lain
-
Semua yang dijelaskan(tersurat) sama pentingnya
dengan yang tak dijelaskan (tersirat atau melalui gesture)
Contoh realnya, User Interface panek
Informasi di Mall
-
Apa yang akan diobservasi ?
o
Mulai dari user masuk ke mall, mall nya pake
escalator ? atau memakai lift ?
-
Bagaimana mengungkap kebutuhan user di mall ?
2. Thinking Out Loud
Merupakan metode perolah requirement dengan
mengajak user untuk menjelaskan apa yang mereka fikirkan, Tidak semua orang
bisa melakukan hal ini, sulit ketika harus menjelaskan kegiatan yang panjang
3. Cooperative (Parcipative) Evaluation
Duduk bersama user melakukan
aktivitas yang menarik, berbicara dengan user ketika mereka mengerjakan
aktivitas, dan tanyakan hal berikut
-
Mengapa mereka melakukan itu ?
-
Bagaimana mereka mengetahui sesuai dengan yang
diinginkan ?
-
Apakah ada cara lain untuk menyelesaikan task ?
-
Bagaimana mereka menentukan dengan cara yang
diinginkan ?
Atau Versi yang lebih santai dan
“Thinking Out Cloud”
-
Ovserver dan partisipan dapat saling mengajukan
pertanyaan
4. Interview
Metode dengan menagkap opini user
-
Structured Interview vs Flexible (constructure)
interview, Kumpulan pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya
Contoh pertanyaan:
o
Bagaimana task tertentu diselesaikan ?
o
Mengapa suka dengan task ….. ?
o
Dalam kondisi apa tidak dapat dikerjakan ?
o
Apa yang dilakukan sebelum ada task … ?
o
Informasi apa yang dibutuhkan untuk …. ?
o
Kepada siapa anda berkomunikasi …. ?
o
Apa yang anda gunakan …. ?
o
Apa yang terjadi setelah … ?
-
Semi Structured Interview : Promoted
interviewing vs prompted interview
Jangan sampai menanyakan yang
jawabannya Ya/Tidak
5. Questionaires (atau Surveys)
Mudah untuk mendapatkan opini
luas dari banyak orang, waktu lebih singkat dan lebih focus dari interview.
Tipe Questionares
-
Open Questions (Essai)
-
Closed Questions (Checklist) -> Rangking
-
Pre – And Post – Questionares (Diberikan ke
beberapa orang)
Untuk membuat surveys ada
beberapa yang harus diperhatikan
-
Buat pertanyaan yang jelas dan spesifik
-
Gunakan beberapa closed questions dengan range
jawaban, bisa ditambah opsi “opini” atau “no-opini”
-
Jangan ada pertanyaan yang netral
6. Focus Groups
Interview Group partisipan (3 – 10 orang),
gunakan beberapa group berbeda dengan peran dan prespektif berbeda, dari segi
biaya relative murah, cara cepat dalam untuk belajar banyak.
Focus group menggunakan pertanyaan
terstruktur, diawali dengan topic spesifik lalu selanjutnya meluas, dapat
berkembang ke topic lain sebelum kembali ke topic utama
Fokus Group lebih menantang dari interview.
7. Study documentation
Hampir sama dengan mewawancarai
domain expert, namun ini adalah dokumen. Penjelasan biasanya lebih pada
bagaimana suatu task harus dikerjakan bukan bagaimana task tersebut dikerjakan.
8. Look at Competitive Products
Melihat sisi baik dan buruk dari
produk yang ada, dari sisi :
-
Functionality
-
UI Style
Apakah pengembangan ukuran dan
user task performance akan membatasi sitem ? tergantung bagaimana kita melihat
produk tersebut
Dari sekian metode, pilihlah metode yang tergantung pada
-
Sumber daya
-
Konteks
-
Task dan user pengguna sistem
Bisa jadi menggunakan gabungan beberapa metoda.
Pengaturan penyimpanan data dapat menggunakan notes, cards,
brainstorm, computer tools.
Pendeskripsian data, bisa digambarkan mengguankan
-
List, outlines (Poin – poin pentingnya)
-
Hierarchies, Networks, Flow Charts,
-
Narasi, Persona, Skenario
Metoda Perolehan Requirement User Interface
Reviewed by Abd Rizal
on
4:02 AM
Rating:
No comments: